snow

Selasa, 21 Februari 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    : Sekolah Menengah Atas
Mata Pelajaran        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester        : XI/I
Alokasi Waktu        : 2x40 Menit ( 1x Pertemuan )
Standar Kompetensi:
2. Mendengarkan :
    Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained ) dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar:
2.2     Merespon makna dalam teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancer dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks : recount, narrative, dan procedure.
Indicator :
2.2.1     Mampu merespon makna tentang penggunaan “Simple Past” dalam “Narrative Teks”
2.2.2     Mampu menjawab soal-soal yang berhubungan dengan “Simple Past”
2.2.3     Mampu memahami tentang penggunaan “Past Tense”
2.2.4     Mampu menyusun kalimat yang menggunakan “Past Tense”
2.2.5    Mampu bercerita tentang pengalaman yang telah tejadi
Materi Pembelajaran :
1.    Narrative teks
2.    Simple past
3.    Soal- soal yang berhubungan dengan past tense
Sumber Belajar :
  • The English Competence, English for SMA Grade XI, Yudhistira
  • Understanding and Using English Grammar second edition, Betty Schrampfer Azar, Pretince Hall Regents, New Jersey
  • Dictionary
Metode Pembelajaran :
•    ceramah
•    Tanya-jawab
•    Active Learning
Langkah-Langkah Pembelajaran :
A.    Kegiatan Awal (± 10 Menit )
1.    Greeting  Siswa
2.    Mengabsen Siswa
3.    Menjelaskan tentang tujuan dari kegiatan belajar-mengajar
B.    Kegiatan Inti ( ± 60 Menit )
1.    Siswa Diberi penjelasan tentang Narrative Teks
2.    Siswa diberi penjelasan penggunaan  “Simple Past “
3.    Siswa membuat kalimat yang berhubungan dengan “Past Tense”
4.    Siswa menjawab soal-soal yang berkaitan dengan penggunaan “Past Tense” yang diberikan oleh guru
5.    Siswa bersama-sama dengan rekannya dan guru mendiskusikan soal-soal tersebut
6.    Siswa disuruh maju ke depan untuk menceritakan pengalamannya dengan menggunakan  “ Past Tense”
7.    Siswa mengumpulkan hasil kerja
C.    Kegiatan Akhir ( ± 10 Menit )
1.    Feedback
2.    Komentar guru tentang hambatan-hambatan yang dialami siswa selama kegiatan belajar-mengajar
3.    Guru memberikan rangkuman tentang kegitan belajar-mengajar yang telah dilaksanakan
D.    Penilaian Hasil
BENTUK-BENTUK INSTRUMEN PENILAIAN
  • Setiap Jawaban yang benar dikalikan 5
  • Untuk menceritakan kembali pengalaman

5 = baik sekali
4 = baik
3 = cukup baik
2 = kurang
1 = sangat kurang sekali
Cara penilaian : ( skor soal x 2) + ( skor menceritakan pengalaman x 2) + 10 = nilai akhir

            Mengetahui,                                                                      
            Kepala Sekolah                                                                  Guru,



    (………….................)                                                  (……………………)


Download Versi Wordnya











Tidak ada komentar:

Posting Komentar